Menyikapi berita hoax di sosmed – Media sosial menjadi salah satu sarana penyampai informasi yang populer pada masa kini. Ada banyak hal yang bisa kita terima dan kirim dengan menggunakan media sosial dalam bentuk apa pun. Akan tetapi, penting juga bagi kita untuk menyikapi berita hoax di sosmed. Hal ini dikarenakan penyampaian berita hoax sendiri tak bisa dihindari dengan adanya media sosial

 

Berita Hoax Di Sosmed

Adanya berita hoax di sosmed memang menjadi salah satu hal yang tak bisa kita hindari. Sebagai salah satu fasilitas yang memudahkan penyebaran informasi, sosmed digunakan oleh banyak orang dengan tujuan yang berbeda antar satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kita tak ada salahnya untuk lebih bijak dalam menyikapi berita hoax di sosmed agar tak dirugikan.

Jika kita bijak dalam menyikapi adanya hoax yang ada di media sosial, maka hal tersebut tak akan membuat kita dianggap mudah untuk tersulut. Sikap bijak ini pun akan menunjukkan seberapa baik respon kita terhadap berita yang tak benar, dengan menyikapi tanpa harus merendahkan diri sendiri. Hal ini pun sangat penting untuk dilakukan oleh siapa dan kapan pun.

Ada sebagian orang yang lebih memilih untuk melakukan hal kurang baik dalam menyikapi berita hoax di sosmed. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan serangan balik atau memberi kritik dengan cara yang kurang tepat, sehingga menimbulkan masalah baru. Selain itu, ada juga orang yang melakukan hal serupa dan mendapat penilaian negatif oleh orang lain.

Masalah baru atau penilaian buruk dari orang lain menjadikan dua dari banyak hal yang menunjukkan hal negatif. Dampak negatif ini bisa merugikan diri sendiri atau bahkan orang lain, sehingga sangat perlu untuk dihindari. Salah satu cara yang paling dasar adalah menyikapi dengan bijak berita hoax di sosmed dengan cara yang baik tanpa merendahkan diri kita sendiri.

 

Tips Menyikapi Berita Hoax Di Sosmed

Menyikapi berita hoax dengan bijak menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Hal ini akan menunjukkan seperti apa karakter seseorang dalam memberi respon. Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa tips menyikapi berita hoax di sosmed, maka tak usah khawatir. Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sesuai dengan kebutuhan atau dirasa perlu.

  1. Pilihlah untuk mencari berita pembanding agar mengetahui kebenaran, tanpa harus mengkritik dengan pedas hoax yang ada.
  2. Jika memang ingin menyuarakan kebenaran, maka sampaikan dengan cara yang baik dan sopan, tanpa menyudutkan pihak tertentu.
  3. Tanyakan atau konfirmasi berita tersebut kepada pihak pengirim dengan kalimat yang sopan, terlepas dari ada atau tidak berita pembanding.
  4. Tidak perlu buru-buru ngeshare berita yang kelihatan aneh, menakutkan, apalagi kondisi gawat. Besabar saja, sampai berita itu nongol di berita nasional.

 

Itulah beberapa tips menyikapi berita hoax di sosmed yang bisa Anda coba. Jika Anda mencoba melakukan satu atau beberapa hal tersebut, sesuaikan juga dengan karakter lawan bicara agar dapat menyampaikan suara Anda dengan lebih tepat.