1. Buku atau majalah

Tips menggali ide tulisan di blog yang pertama ialah melalui buku atau majalah. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda memiliki jenis blog yang berisi konten tutorial atau tips melakukan sesuatu hal. Anda bisa jadikan buku atau majalah relevan sebagai salah satu referensi dalam menulis di blog. Dengan demikian, konten tutorial blog anda akan semakin diperkuat oleh sumber referensi yang terpercaya. Hal ini tentu saja menjadikan tingkat kepercayaan pembaca semakin meningkat.

2. Blog lain

Cara mendapatkan ide tulisan di blog selanjutnya ialah dengan mengunjungi blog lain. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan menemukan satu blog atau lebih yang mempunyai topik mirip dengan topik blog anda. Masukkan kata kunci dengan menyebutkan blog dan topik, lalu pilih blog terpopuler. Setelah itu, anda kunjungi SocialCount atau QuickSprout, kemudian masukkan alamat blog tadi. Tunggu hingga prosesnya selesai. Meski topiknya sama, anda jangan sampai membuat kontent yang isinya juga sama.

3. Jalan-jalan

Ide tulisan di blog juga bisa ditemukan dengan cara jalan-jalan. Anda bisa berkeliling keluar rumah atau liburan ke tempat wisata yang menarik. Perubahan atmosfer dan juga suasana sangat bagus untuk anda. Sebuah latihan secara terus menerus dan banyak berjalan-jalan terbukti bisa membantu merangsang sel-sel otak anda.

4. Google trends dan trend sosial media

Tips menggali ide tulisan di blog lainnya ialah dengan bantuan google trends dan trend sosial media. Dengan mengunjungi google trends dan sosial media, anda bisa mengetahui berita terhangat di dunia maya yang tengah banyak diperbincangkan netizen. Langsung saja anda buka fitur Google Trends. Dengan cara ini, anda akan mengetahui informasi yang benar-benar sedang trend saat ini. Tulisan yang relevan dengan isu saat ini bisa mengundang minat pembaca.

5. BuzzSumo dan Ahrefs Content Explorer

BuzzSumo bisa anda gunakan untuk menemukan konten terpopuler dalam suatu topik umum. Tool freemium ini berfungsi untuk mencari konten-konten yang memperoleh paling banyak share di sosial media untuk kata kunci yang anda masukkan. Solusi lainnya, anda bisa gunakan Ahrefs Content Explorer. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci yang anda inginkan. BuzzSumo dan Ahrefs Content Explorer ini akan memberikan konten yang unik karena sangat berbeda satu sama lain.

6. Forum diskusi blogging

Ide tulisan bisa juga anda dapatkan dengan mengunjungi forum diskusi blogging. Nantinya anda akan disajikan beragam tulisan sesuai katogeri forum tertentu. Setelah itu, anda hanya perlu membaca beberapa tulisan yang menurut anda menarik. Gunakan tulisan tersebut sebagai sumber referensi untuk postingan di blog anda. Langkah selanjutnya, anda cermati topiknya dan tulis dengan menggunakan gaya bahasa blog anda sendiri (jangan copy paste).