Mencintai dunia membaca dan menulis bukanlah monopoli orang dewasa saja. Anak-anak pun butuh diajari tips agar anak suka membaca dan menulis/mencintai dunia literasi. Sebab jika tidak dipupuk sejak dini maka akan sulit menumbuhkan minat baca dan tulis saat mereka sudah tumbuh dewasa. Padahal dengan membaca maka pengetahuan seseorang akan bertambah luas.

Seperti pepatah yang sering didengar bahwa buku adalah jendela dunia, maka anak-anak harus dibiasakan untuk membaca dan menulis. Membaca akan membuat anak memiliki imajinasi yang lebih sehat dan juga berkembang dengan baik. Sedangkan menulis akan mengajarkan mereka bagaimana cara mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran dan menjadi lebih teratur.

Tips Agar Anak Suka Membaca dan Menulis Serta Mencintai Dunia Literasi Yang Mudah Diterapkan

Cerita Sebelum Tidur

Bagi anak usia dini, para orang tua bisa mengajarkan mereka cara mencintai buku dengan mulai membacakan cerita sebelum tidur. Anda  bisa membeli buku dengan gambar-gambar yang menarik agar anak lebih tertarik mendengarkan cerita Anda sambil melihat buku bacaan pertama mereka tersebut.

Anak yang terbiasa mendengar cerita sebelum tidur akan lebih mudah mencintai dunia buku dan menyukai membaca guna menyalurkan imajinasi yang mereka miliki. Peran orang tua di sini sangat penting karena merekalah yang harus mengenalkan buku pertama kali kepada anak. Tidak harus buku berharga mahal, Anda bahkan bisa membuat buku bergambar dengan peralatan yang tersedia di rumah.

Membuat Catatan Harian

Catatan harian atau yang sering dikenal sebagai diary bukanlah semata hal yang sentimentil saja. Anda bisa mengajarkan anak Anda menulis apa saja yang mereka alami di sekolah, di rumah maupun apa saja yang mereka pikirkan dan rasakan. Pujilah apapun yang mereka tuliskan walaupun belum merupakan satu cerita yang utuh.

Tips agar anak suka membaca dan menulis/mencintai dunia literasi harus disertai dengan pemupukan percaya diri anak. Jika mereka mulai malas menulis, mulailah lakukan pendekatan dengan bercerita yang diselingi aktivitas menulis. Membaca dan menulis adalah dua kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Mereka yang suka membaca biasanya memiliki kecenderungan suka menulis dan sebaliknya.

Ajak Ke Toko Buku

Tips agar anak suka membaca dan menulis/mencintai dunia literasi yang juga efektif adalah dengan mengajak mereka ke toko buku maupun perpustakaan. Di sana, Anda bisa membiarkan Anak untuk memilih buku mana saja yang menarik perhatian mereka. Kemudian tugas Andalah untuk menerangkan isi buku tersebut agar mudah mereka pahami.

Dengan membawa mereka ke tempat yang dikelilingi buku dan berada di lingkungan orang yang membaca buku, maka anak akan semakin termotivasi untuk bisa ikut belajar membaca dan menyukai buku. Anak adalah seorang peniru yang ulung. Jika mereka mendapatkan contoh yang benar tentang membaca buku maka mereka akan dengan otomatis mencintai dunia literasi.

Sekarang ini juga banyak klub membaca yang bergerak untuk menciptakan ruang dan kegemaran membaca bagi semua orang. Anda dapat mengajak anak Anda bergabung dengan klub semacam ini, terutama yang mengkhususkan diri kepada anak-anak. Biasanya mereka memiliki kegiatan menarik yang cocok untuk membangun minat anak.

Inti dari pengenalan dunia buku adalah menciptakan suasanan yang nyaman dan menyenangkan agar mereka bisa mencintai dunia buku dan menulis dengan sendirinya.Ada banyak tips agar anak suka membaca dan menulis/mencintai dunia literasi yang bisa Anda terapkan dan sesuaikan dengan karakter dan pembawaan anak.