Sosmed antara ghibah dan informasi – Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak pula kemudahan penyampaian informasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Akan tetapi, terkadang apa yang disampaikan melalui media sosial belum tentu merupakan satu hal baik. Hal ini serupa dengan sosmed antara ghibah dan informasi yang sering kali membuat kita merasa bingung karena bedanya sangat tipis.

 

Sosial Media: Antara Ghibah dan Informasi

Media sosial menjadi salah satu hal yang memudahkan kita untuk menerima dan juga menyebarkan informasi. Sering kali kita bisa mengetahui banyak hal dari media sosial, sehingga membuka mata bahwa ada banyak hal di luar sana yang bisa kita tahu. Akan tetapi, penggunaan sosmed antara ghibah dan informasi juga terkadang menjadi salah satu hal yang bersifat semu.

Sebagian orang menggunakan kemudahan ini untuk menyebar informasi. Sayang, tak semua orang bisa memanfaatkan kemudahan serupa dengan baik. Ada sebagian orang yang saking asyiknya menggunakan media sosial justru membicarakan keburukan orang lain. Hal ini sudah mengarah pada ghibah, yang tak melalui lisan, melainkan dengan menggunakan tulisan.

Penggunaan media sosial untuk membicarakan keburukan orang lain ini akan bisa menimbulkan hal yang tak baik. Hubungan antara satu orang dengan yang lain bisa menjadi buruk karena adanya ghibah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bijak dalam membedakan penggunaan sosmed antara ghibah dan informasi, sehingga tak melakukan beberapa hal buruk.

 

Sosial Media: Memilah dan Memilih Yang Baik Saja

Adanya media sosial sebagai sarana penyampaian informasi terkadang membuat kita merasa sangsi. Sebagian orang bisa saja agak kesulitan membedakan penggunaan sosmed antara ghibah dan informasi, sehingga kurang bijak dalam memfilter info yang disampaikan oleh satu atau beberapa pihak yang menggunakan media sosial dalam bentuk apa pun.

Kita bisa mencoba untuk memilah dan memilih info yang disampaikan di media sosial, apakah menjurus pada sebatas penyampaian info bermanfaat atau justru menjadi ghibah. Jika info yang disampaikan tak mengarah pada keburukan orang lain atau menjatuhkan satu pihak, maka hal ini bisa dikatakan mengarah pada kebaikan yang bisa kita ambil manfaatnya.

Bila info yang disampaikan di media sosial cenderung membicarakan atau membahas keburukan orang lain, maka hal ini bisa mengarah pada ghibah. Terlebih, jika ada penerima info yang merasa tersinggung atau memberi respon kurang baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa memilah dan memilih penggunaan sosmed antara ghibah dan informasi.

Kita perlu lebih peka dalam memilah dan memilih sosmed antara ghibah dan informasi. Kita bisa memilah dan memilih info yang baik dan tak mengarah pada ghibah. Adanya ghibah pun akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Anda bisa menyimak dengan cermat info mana yang sekiranya bisa diterima atau justru sebaliknya, dari isi yang mengarah pada satu bahasan.