Jumat, 22 September 2017

Aku sedang ingin nyari traveling tapi cuma sehari. Dengan target biaya seminim mungkin, hasil se-pol mungkin. Biasanya kalo bepergian minimal 3 hari sekalian ada kerjaan. Kali ini ingin pure traveling. Karena rumahku di lereng Merapi, jalan Kaliurang KM 19,5, maka kota tertuju yang terdekat ada 3 pilihan antara Solo, Wonosari, Purworejo, atau Semarang.

Katanya 3? Kok 4?

Biasa, nambah!

SOLO

  • transportasi: dengan kereta AC Prameks
  • dari rumah ke stasiun sekitar 25 kilometer.
  • Tujuan wisata lumayan banyak

 

PURWOREJO

  •  transportasi: bis patas AC
  •  dari rumah ke terminal Jombor bis 20 kilometer
  •  tujuan wisata sedikit

 

WONOSARI

  • transportasi: bis panas non AC. Mungkin ada yang AC tapi jarang banget.
  • dari rumah ke mangkal bis perempatan jalan Wonosari sekitar 30 kilometer
  • tujuan wisata kebanyakan pantai

 

SEMARANG

  • transportasi: bis patas AC tiap 30 menit
  • dari rumah ke tempat nyegat bis 15 kilometer
  • tujuan wisata banyak

 

Dari kasat mata sudah pasti yang terpilih adalah ke Semarang. Tapi baru 2 minggu lalu selesai keluyuran 5 hari di kota ini. Dan udah terlalu sering juga.

Buka peta, kota apa saja yang ada antara Jogja dan Semarang? Muntilan, Magelang, Ambarawa, dan Ungaran. Setelah bertanya kepada tuan Goog akan tempat wisata masing-masing kota, akhirnya pilihan jatuh pada kota terakhir. Selain punya banyak tempat wisata yang menarik, selama ini Ungaran cuma jadi kota selewatan. Melintas doang tanpa pernah berhenti dan khusus berkunjung.

Sekalinya mampir Ungaran tapi…

 

PERSIAPAN.

  • Nggak perlu bawa tas isi banyak baju seperti biasanya. Perlu cadangan satu stel buat jaga-jaga, siapa tahu kehujanan atau lagi di pinggir jalan kecipratan air comberan.
  • Pakai celana yang banyak kantongnya, biar memudahkan dalam membawa HP, dompet, topi gunung, juga peci yang bisa dilipat masuk kantong
  • Ini hari Jumat. Jadi saat nanti Jumatan tas dititipkan, kacamata dan jam tangan bisa masuk kantong sementara, saat berwudhu. Biasanya kalo nggak masuk kantong, ditaruh tempat wudhu, banyak lupanya. Pernah kejadian kacamata ketinggalan baru sebentar, lalu lenyap.
  • Sarapan
  • Berangkat bareng anak sekalian antar ke sekolah, biar sekali jalan

 

Rute dari rumah menuju nyegat bis, jalan Magelang, Tempel.

Sekitar 30 menit akhirnya tiba di jembatan Krasak, desa Tempel, jalan raya Jogja – Magelang. Aku sudah punya langganan dalam menitipkan motor. Tapi kali ini aku harus cari tempat penitipan lain. Karena persis di depan tempat penitipan motor, ada razia motor oleh beberapa polisi. Dan setelah aku melipir pura-pura mampir di pom bensin sebelah, STNK motorku tak terbawa.

Razia di depan penitipan motor

 

Alhamdulillah, sudah berada di bis patas. Bayar Rp.  45.000 untuk tujuan akhir Semarang. Kirain kalo turun Ungaran, kota sebelum Semarang, minimal dapat kembalian 5 atau sepuluh ribu. Ternyata nggak! Tadinya setelah bayar mau tiduran. Apa daya terganggu oleh video campursari yang disetel pak supir. Ah, kenapa sih hampir di setiap bis patas selalu nyetel lagu kalo nggak dangdut atau campursari. Kanjadisusah tidur. Harusnya nyetel lagu jazz atau klasik agar mata mudah merem. Eh, tapi kalo pak supir ikutan merem gimana?

Full hiburan dangdut

Mulai nge-Goog lagi cari info wisata dan kuliner Ungaran:

  1. Curug Benowo
  2. Umbul Sido Mukti
  3. Rawa Pening
  4. Wana Penggaron
  5. Curug Lawe
  6. Watu Gunung
  7. Bandungan
  8. Restoran Mang Engking
  9. Candi Gedong Songo
  10. Kampoeng Kopi Banaran
  11. Bukit Lerep Indah
  12. Sate Pak Kempleng
  13. Tahu Bakso Bu Pudji
  14. Dan masih banyak lagi ternyata…

Karena cuma sehari, paling bisa dapat 3 tempat tujuan. Karena dipotong sholat Jumat juga. Maka mulailah memilih yang rutenya mudah dijangkau:

  1. Restoran Mang Engking – menikmati pemdangan sekalian pemadam kelaparan.
  2. Umbul Sidomukti – banyak pemandangan bagus
  3. Kampoeng Kopi Banaran – sekalian arah pulang Jogja.

 

lanjut ke DITIPU MANG ENGKING

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog Pesona Kabupaten Semarang”

www.kabsemarangtourism.com