Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang untuk dijadikan sebagai hobi atau sesuatu yang bermanfaat. Dua di antaranya adalah membaca dan menulis. Kedua hal itu ternyata bukan semata-mata disarankan untuk dilakukan. Akan tetapi, juga ada beberapa alasan gemar membaca dan menulis yang bisa menjadi dasar mengapa keduanya dianggap penting.

Alasan Gemar Membaca

Dua hal yang mungkin terbilang agak sulit di mata orang adalah membaca dan menulis. Padahal, alasan gemar membaca dan menulis untuk digemari adalah bagian yang penting. Seiring dengan perkembangan zaman, membaca memang menjadi salah satu contoh hal yang dianggap membosankan dan mulai ditinggalkan. Padahal membaca bisa memberi manfaat.

Ada alasan gemar membaca dan menulis yang perlu untuk Anda ketahui. Dari segi membaca, hal yang satu ini akan bisa memberi kita pengetahuan dalam jumlah yang lebih banyak dan luas. Membaca sendiri memang tak dikhususkan hanya untuk bacaan serius atau ringan. Akan tetapi, jika keduanya berimbang maka akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.

Membaca bacaan berat saja terkadang membosankan untuk sebagian orang. Begitu pula, membaca bacaan ringan menjadi pilihan sebagian orang yang lain. Padahal, jika kita membaca bacaan yang sifatnya lebih mudah untuk dipahami dan bermanfaat akan bisa menjadi bekal untuk kita dalam menghadapi hal serupa atau berbagi sesuatu yang bermanfaat pada orang lain.

Bila kita membaca bacaan ringan, maka hal ini akan membuat otak terasa lebih segar karena tak harus memahami topik bahasan yang berat. Selingan seperti ini sering dijadikan sebagai salah satu pilihan oleh sebagian orang. Jika membaca bacaan serius dan ringan bisa Anda kolaborasikan dengan imbang, maka ini akan membuat Anda merasa lebih baik.

Jika ingin menambah ilmu, tentu saja tidak cukup dengan hanya membaca status FB yang cenderung pendek. Baca buku hingga tuntas lebih bermanfaat, karena ilmua runut dan dalam.

 

Alasan Gemar Menulis

Selain membaca, ternyata juga ada hal lain yang disarankan, yaitu menulis. Ada alasan gemar membaca dan menulis yang berkesinambungan. Sayangnya, menulis juga menjadi salah satu hal yang mulai ditinggalkan oleh sebagian orang. Mereka kurang suka menulis dan memiliki minat yang rendah di bidang ini, meskipun tak ada tuntutan tertentu yang selalu membatasi.

Maunya menulis adalah sebuah kebebasan. Akan tetapi, menulis menjadi salah satu hal penting yang ada baiknya untuk dilakukan selain membaca. Keduanya akan bisa memberi manfaat tersendiri, sehingga ada alasan gemar membaca dan menulis yang bisa menjadi dasar dari hal yang terkadang diutamakan oleh beberapa pihak, terutama jika menjadi mahasiswa.

Menulis sebenarnya memberi manfaat tersendiri untuk kita. Jika kita terbiasa menulis, maka hal ini akan memudahkan kita untuk ingat dengan apa yang kita tulis, misal suatu materi atau kejadian tertentu. Selain itu, menulis juga bisa menjadi salah satu sarana atau terapi dalam menyampaikan isi hati dan pikiran yang sulit diungkapkan secara verbal.

Bertambahnya ilmu seseorang bisa dari membaca. Ilmu tersebut bisa bermanfaat jika dipraktekkan. Nah, agar ilmu tidak gampang hilang atau lupa, bisa “diikat” yaitu dengan menulis. Bahkan seseorang bisa menuliskan sebuah buku hanya dengan banyak membaca, lalu menyimpulkan. Kesimpulan-kesimpulan itu lalu dikumpulkan dan dibuat secara runut. Lalu dituliskan dengan gaya penjabaran masing-masing. Jadi deh, sebuah buku baru.

Itulah beberapa alasan gemar membaca dan menulis yang bisa menjadi dasar bagi Anda untuk melakukannya.