Bisnis-bisnis yang berbasis skill menulis ternyata bisa menghasilkan pendapatan yang tidak kalah dengan bisnis di bidang lainnya. Bahkan bisnis semacam ini sekarang sudah tidak lagi dipandang sebelah mata dan semakin banyak yang tertarik untuk berkecimpung di dunia menulis ini.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika seseorang bekerja dengan kemampuan menulisnya. Salah satunya adalah bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Selama Anda memiliki laptop dan koneksi internet maka bisnis semacam ini bisa dilakukan. Kebebasan semacam ini bisa dijadikan solusi bagi mereka yang enggan terikat dengan kehidupan kantoran yang monoton.

Macam Bisnis-Bisnis Yang Berbasis Skill Menulis

Menulis Ide Cerita FTV

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis di dunia pertelevisian adalah ladang emas. Tapi siapa yang menyangka bahwa dunia televisi juga dekat dengan dunia tulis menulis. Salah satu yang bisa menjadi pekerjaan yang bisa dipikirkan sebagai mata pencaharian adalah menulis untuk sinopsis cerita sinetron maupun FTV.

Untuk satu buah ide cerita yang lolos seleksi, Anda akan mendapatkan pembayaran sebesar lima ratus ribu rupiah, bahkan jika yang lolos hanya judulnya saja, Anda sudah bisa mengantongi sebanyak tiga ratus ribu rupiah, ini berlaku untuk mini seri tertentu. Namun tentu saja Anda harus tahu ke mana mengirimkan naskah tersebut sehingga bisa memanfaatkan jalur bisnis-bisnis yang berbasis skill menulis ini.

Selain lewat orang dalam, Anda juga bisa mengirimkan ide cerita itu secara mandiri lewat alamat surat elektronik rumah produksi yang menangani pembuatan FTV maupun sinetron tersebut. Biasanya ada credit title di tiap akhir tayangan yang memuat alamat, atau telusuri saja akun media sosial mereka.

Menulis Skenario Film dan Sinetron

Menulis skenario untuk film dan sinetron juga bisa dijadikan bisnis-bisnis yang berbasis skill menulis. Bayangkan saja, untuk satu skenario untuk satu episode sinetron, Anda bisa mendapatkan nominal hingga minimal tujuh digit. Maka dari itu, Anda jangan heran jika banyak penulis yang bekerja “hanya” sebagai penulis skenario bisa mendapatkan penghasilan lebih dari seorang manager kantoran.

Tetapi untuk bisa menjadi seorang penulis skenario tidaklah mudah. Anda harus ikut pelatihan dan juga rajin mengasah kemampuan menulis Anda. Selain itu, bergabunglah dengan komunitas yang khusus merangkul para penulis skenario. Dari sana, Anda akan mendapatkan informasi mengenai pekerjaan menulis skenario yang sedang dibutuhkan.

Membuat Artikel SEO

Satu lagi bagi Anda yang berpikir untuk bekerja menjdai seorang penulis yang produktif, Anda bisa membuat artikel yang biasa digunakan untuk keperluan pengisian konten di media-media perusahaan. Ada banyak cara untuk bisa menjadi penulis artikel semacam ini, cara pertama adalah dengan mendaftar pada situs pencarian kerja dengan mencantumkan pekerjaan yang Anda inginkan ini.

Cara kedua adalah dengan bergabung bersama agen pencari penulis konten yang banyak membuka lowongan lewat pencarian di internet. Syarat yang ditentukan oleh tiap agen untuk penulisan artikelnya berbeda-beda, tapi yang pasti adalah harus bisa membuat artikel yang menarik tentang apa saja dan lolos plagiarisme.

Pekerjaan seperti ini bisa dikerjakan siapa saja, asalkan bisa menulis dengan baik sesuai kaidah penulisan yang benar, bahkan untuk pemula dalam bidang penulisan. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan di bidang menulis, maupun tertarik akan dunia literasi dan penulisan konten ini, Anda bisa mencoba untuk menekuni bisnis-bisnis yang berbasis skill menulis ini dan mulai berkarya.

Ada yang mau menambahkan?