Kenapa sering dianjurkan untuk banyak menulis dulu di awalnya?
Mari kita berhitung.

Buku isi 150 halaman.
1 halaman sekitar 200 kata.
Berarti 1 buku dengan 150 halaman kurang lebih terdiri dari 30.000 kata.

Coba cek file, sudah berapa kata yang pernah ditulis pada sebuah naskah. Belum ada puluhan ribu?
Atau bahkan, belum ada ratusan? 😱
Artinya, perbanyaklah nulis dulu dan jangan mikir mau jadi buku. Terlalu jauh! Boleh sih cita-cita bikin buku, tapi jangan terlalu berharap sebelum tabungan tulisanmu belum sejumlah puluhan ribu kata.
Tulis dulu.
Tulis lagi.
Tulis terus.

Padahal, untuk diterima penerbit atau buku itu layak terbit, seorang penulis harus punya lebih dari 3-5 kali lipat dari 30.000 kata. Karena, untuk mencapai hingga jadi naskah sejumlah 30.000 kata, tentu ada banyak kata yang tidak dipakai alias diedit.

Belum lagi bila dalam sebuah bab, ternyata bab tersebut nggak nyambung dengan lainnya. Bisa dihapus, bisa juga dirombak!

Jadi setidaknya mesti punya modal minimal 100.000 kata untuk bisa jadi sebuah buku.

Skil menulis itu bisa dilatih. Seperti halnya belajar menyetir, naik egrang, mengetik 10 jari bahkan belajar mencintai seseorang walaupun tak disukainya 😝

Ada yang begitu lahir ceprot ditakdirkan jadi penulis. Ada juga yang berusia 40 tahun baru belajar menulis lalu punya 6 buku saat usianya 46 *uhuuukkkk

Yang perlu dilakukan sekarang adalah, cobalah tulis apa saja minimal 100 kata sehari. Tulis yang paling mudah. Tulis yang paling kamu sukai. Nggak perlu harus ngetik di laptop sampe bunyi eplekeplekeplek dulu. Pake HP saja.

Kenapa 100? Coba praktik saja. Apakah mudah menulis 100 kata per hari selama sebulan? Biasanya sih, untuk minggu pertama semangat menggebu tak terbendung. Minggu berikutnya makplekenyik 😝

Tapi, jika 100 kata terasa ringan bahkan tak terasa hingga 1000an kata, itu tanda-tanda bakal punya tabungan 100.000 kata!

Lalu gimana biar nulis lancar?
Baca buku. Ini sebagai salah satu bahan bakar. Buku apa saja yang disukai. Biar enak mencerna dan memahami.

Berarti butuh proses yang lama?
Jelas! Tidak ada yang instan kecuali mie dan artis karbitan. Nikmati prosesnya dan bakal merasakan meningkatnya tulisan-tulisan di tiap hari.

Pengen punya buku tapi nggak mau nulis?
Bisa banget. Pake jasa Co-Writing hubungi WA 0811297115. *uhuuukkkk

Dan jangan lupa, berkumpul selalu dengan penulis. Cari komunitas online dan offline. Sedot ilmunya. Jangan malah kumpul sama penjudi. Ntar malah ikutan digerebek lalu masuk bui.

Sudah belajar nulis tiap hari tapi kok tulisan nggak terarah dan malah semrawut?
Lho, itu proses. Lama-lama bakal bagus sendiri. Sabar!
Tapi saya nggak sabaran?
Ikut saja kelas menulis hubungi nomor WA di atas. *uhuuukkkk lagi

Lho, ternyata berbayar?
Mau lewat jalan tol kan harus bayar.
Tapi saya nggak ada biaya dan maunya cepat jadi buku. Gimana dong?

*pasang jubah merah lalu terbang ke planet Krypton.
Wuuuzzzz…..

@tonytrax_
12SEPT17