Tujuan diciptakan manusia tidak lain hanya untuk beribadah kepada Alloh SWT. Untuk melaksanakan ibadah itu kita wajib memiliki iman dan taqwa agar mampu menjalankan segala perintah Alloh dengan sebaik-baiknya. Iman mampu menyelamatkan kita  bukan hanya di dunia namun juga kelak di akhirat. Iman adalah pondasi kehidupan manusia.

Setelah kita mempunyai iman, tugas selanjutnya adalah bagaimana cara agar iman itu semakin bertambah. Karena tidak ada jaminan kita bisa tetap istiqomah atau mempertahankan iman kita.  Ada beberapa hal yang membuat iman kita bertambah diantaranya dengan melihat orang yang meninggal.

Kematian adalah transisi dari satu kehidupan ke kehidupan lain. Kematian juga merupakan pemutus amal ibadah. Jadi ketika kita sudah meninggal, maka tidak ada lagi yang bisa kita lakukan. Entah selama hidup di dunia ini kita banyak beribadah atau bermaksiat, jawabannya akan terlihat setelah melalui proses ini. Kematian bisa membuat iman kita bertambah  sehingga sangat dianjurkan untuk menyaksikan dan mengingatnya.

 

Kenapa kita harus menyaksikan dan mengingat kematian?

Kita harus terbiasa mengingat kemarian sebab dengan mengingat kematian, kita akan lebih berhati-hati dalam menjalani hidup di dunia ini.  Kita juga akan berusaha maksimal dalam ibadah terutama agar kelak kita bisa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Hal ini berperan besar untuk membuat iman kita bertambah semakin mendalam.

Adapun manfaat dari mengingat kematian adalah sebagai berikut

  1. Mendorong untuk bertaubat dan muhasabah kesalahan masa lalu
  2. Meringankan seorang hamba dalam menghadapi ujian dunia.
  3. Menghilangkan anggapan bahwa hidup dunia lebih kekal dan berarti daripada kehidupan akhirat
  4. Melembutkan hati  dan memberi semangat untuk semakin mendalami agama
  5. Menghapuskan keinginan hawa nafsu dunia
  6. Mencegah kerakusan dan ketamakan terhadap nikmat duniawi.
  7. Mendorong sikap toleransi, memaafkan teman
  8. Menerima kesalahan dan kelemahan orang lain
  9. Mengajak sifat rendah hati (tawadhu’)

Selain dari manfaat, ada beberapa cara untuk membuat iman kita bertambah setelah menyaksikan kematian seseorang diantaranya :

  1. Memperbaiki sholat
  2. Membaca dan memahami isi Alqur’an
  3. Berkumpul dengan orang-orang beriman
  4. Rajin menghadiri majelis-majelis ilmu
  5. Rajin membaca buku-buku islami
  6. Muhasabah / evaluasi diri
  7. Menjalankan perintah Alloh SWT secara konsisten

Mengingat kematian menjadikan seseorang semakian mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Alloh SWT. Barangsiapa yang mengetahui bahwa dia akan menjadi mayit kelak, dia pasti akan berjumpa dengan Alloh SWT padahal dia akan ditanya tentang amalnya di dunia, maka dia akan mempersiapkan jawabannya. Dan dia akan berusaha maksimal untuk membuat iman kita bertambah.

Dunia hanyalah persinggahan sementara, ibaratnya kita itu hanya mampir minum. Setelah itu kita akan menghadapi fase-fase kehidupan alam lain. Mulai dari sekarang, mari kita berusaha maksimal bagaimana caranya untuk membuat iman kita bertambah, ibadah kita diterima Allah SWT dan kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadap Alloh SWT nanti saat kematian.