Sosial media atau sosmed bukan hal baru lagi untuk masyarakat Indonesia sekarang ini. Bahkan kini tidak hanya dari kalangan remaja saja menggunakan sosmed, karena kini sudah merambah pada dunia anak-anak serta kalangan orang tua. Bagaimana manfaat sosmed yang sebenarnya tergantung juga dengan bagaimana individu-individu sendiri untuk memanfaatkan dalam kehidupannya. Karena di zaman yang serba modern ini menggunakan ponsel, internet tidak lagi menjadi hal sulit untuk di temukan, apabila dahulu penggunaan gadget hanya terdapat pada lapisan masyarakat kalangan tertentu, sekarang hampir seluruh kalangan masyarakat indonesia telah tersentuh perkembangan teknologi tersebut.

Cara Bijak Dalam Menggunakan Sosmed Dengan Baik

Sekarang ini sosmed mempengaruhi perilaku serta kesehariannya. Dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Banyak yang selalu update pada media sosialnya, dimulai dari instagram, twitter, line, whatsapp, bbm serta masih banyak lainnya. Bahkan tidaklah jarang kecanduan maupun berlebihan dengan menggunakan medsos sehingga akan mengakibatkan tugas utamanya justru akan terabaikan, seperti belajar maupun bekerja. Awalnya hanya sekedar mengecek apakah ada WA yang masuk, apakah ada yang mention di FB, apakah ada yang komen di IG. Namun seringnya, dari ayng cuma mengecek akhirnya jadi menelusuri semuanya. Kepo akun teman, komen ke akun siapalah, atau hanya sekedar membaca berita hoax. Sebagai individu, tentunya diharuskan bijak ketika menggunakan sosmed.

Yang harus menjadi perhatian yaitu bagaimana efek penggunaan sosmed oleh individu seringkali melenceng oleh individu dan telah melenceng jauh dari manfaat sosmed sendiri, yang sejatinya berguna sekali untuk hal positif misalnya menjalin silaturahmi serta sebagainya. Hal ini bisa melihat banyak pihak-pihak memanfaatkan sosmed bagi sarana untuk melancarkan aksi propanganda, fitnah, yang memecah belah untuk menyebarluaskan melalui sosmed.

Tentunya hal tersebut menuntut kebijaksanaan individu untuk menggunakan sosmed. Dibawah ini terdapat beberapa cara bijak dalam menggunakan sosmed untuk dapat mewujudkannya, diantaranya :

Filter pertemanan

Hal tersebut dimaksudkan untuk tidak  menambahkan maupun menerima pertemanan kemungkinan akan membawa efek yang negative sikap anda menggunakan medsos. Selain itu melindungi anda dari tindakan kejahatan sekarang ini banyak terjadi. Misalnya penculikan maupun pemerasan yang banyak bermula dari sosmed.

Memasang identitas yang asli

Dengan  pasang identitas asli pada akun yang dimiliki, selain dapat membantu pada fungsi yang utama sosmes untuk dapat menjalin tali silaturahmi bersama para sahabat, hal tersebut akan memudahkan orang lain untuk menemukan anda sendiri yang kemungkinan lama tidak berkomunikasi bersama anda sendiri.

Memasang profil sewajarnya

Foto profil adalah yang pertama untuk dilihat oleh oring lain di media social, foto tersebut mengidentifikasikan anda untuk memudahkan sahabat menemukan anda. Selain itu, gunakanlah profil sewajarnya tanpa adanya hal-hal negative.

Pikirkan sebelum membuat status

Sebaiknya jika tidak membuat status yang mancing pihak lainnya untuk merespon negative, banyak hal-hal yang bermanfaat yang bisa dijadikan sebagai status maupun hanya sekedar berkomunikasi bersama sahabat.

Pastikan akun memiliki proteksi baik

Tentunya pernahkah melihat, atau mengalami sendiri akun diretas oleh orang yang tidak memiliki tanggung jawab. Nah, pastikanlah bahwa akun terproteksi secara baik dengan menggunakan kata sandi hanya anda saja yang mengetahui, maupun bisa ditambahkan juga dengan lapisan keamanan lainnya supaya anda dapat nyaman serta aman untuk menggunakan medsos.

Jauhilah perdebatan

Perdebatan tentunya akan membawa kegunaan mapun bisa menambah wawasan yang mungkin memiliki sifat positif, tetapi apabila telah mengarah pada hal tidak sehat segera untuk mengabaikannya.

Hati-hati share informasi

Hati-hati pada saat share informasi pribadi seperti alamat, nama lengkap, alamat, no hp, maupun informasi pribadi terhadap publik maupun pihak tertentu, pastikanlah semuanya mendapatkan informasi yang memiliki tanggung jawab. Yang belum jelas atau bahkan yang buruk, nggak perlu dishare. Mendingan yang baik dan bermanfaat saja, agar mendapatkan pahala kebaikan yang terus mengalir. Mau dapat dosa yang mengalir tiada henti akibat ngeshare keburukan?

Demikian penjelasan cara bijak dalam menggunakan sosmed. Semoga bermanfaat, segera memanfaatkan media social dengan bijaksana.