Dunia Maya atau biasa disebut dengan “dumay”, adalah salah satu contoh perkembangan teknologi di era globalisasi sekarang ini. Hampir seluruh lapisan masyarakat sudah akrab dengan dunia maya baik itu dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Internet kini merupakan santapan sehari-hari. Kemajuan internet ini didukung dengan semakin meningkatnya para konsumen yang signifikan. Di setiap tahun kenaikan penikmat dunia maya bisa mencapai kisaran 45 persen, menurut riset MarkPlus Insight.

Lantas, apa yang biasa diakses para pengguna internet?

Mayoritas mereka mengakses akun social media seperti Facebook, Instagram, Path dan Twitter. Namun masih banyak pula yang mengakses berita atau informasi berharga lainnya. Selain sebagai sarana komunikasi, internet juga bisa digunakan untuk menunjang kehidupan manusia.

Hampir segala aspek kehidupan manusia bergantung dengan internet. Mulai dari soscial, ekonomi, gaya hidup bahkan ibadah. Nah, yang menarik, internet juga bisa digunakan sebagai lahan untuk panen pahala di dunia maya.

Penasaran caranya?

Dunia Maya – Ladang Pahala atau Ladang Dosa?

Ibadah tidak hanya apa yang ada dalam rukun Islam yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji bagi yang mampu. Sebagai hamba Allah Azza Wa Jalla, kita masih ada kewajiban untuk menyebarkan ajaran Islam yang mulia ini dengan cara berdakwah.

Di era globalisasi yang apapun serba teknologi, dakwahpun juga bisa melalui teknologi.  Jadi kita bisa semakin menambah pahala di dunia maya. Kini sudah marak ustadz, ustadzah, motivator, penulis buku Islami, artis, bahkan kalangan awam juga menggunakan jasa internet ini untuk mengajak orang pada kebaikan.

Berbagai situs-situs Islam saat ini juga semakin banyak bertebaran dengan tampilan yang memikat. Kita juga semakin mudah untuk menuntut ilmu agama dan berpeluang besar dalam memanen pahala di dunia maya.

Tapi kita juga harus ingat jika dunia maya itu ibarat dua mata pedang. Internet hanya sebagai alat dan sarana. Kita sebagai pengguna harus pintar dalam memilih dan memilah mana yang terbaik untuk kita. Bila kita salah dalam menggunakan internet maka bisa berakibat fatal bagi kehidupan kita.

Berbagai efek negatif dari penyalahgunaan internet diantaranya, pornografi, penipuan, perjudian, bahkan mengurangi sifat sosial manusia. Tak jarang hubungan persaudaraan, pertemanan dan perniagaan terkendala bahkan hancur karena kita salah dalam pemakaian internet.  Niat awal ingin panen pahala di dunia maya malah panen dosa. Hal inilah yang harus kita waspadai.

 

Cara Panen Pahala di Dunia Maya

Contoh berdakwah di dunia maya bisa dipraktekkan lewat akun akun jejaring sosial yang kita miliki seperti Facebook atau Instagram. Nah, daripada update status yang tidak penting, ada baiknya untuk berdakwah dalam rangka menambah pahala di dunia maya.

Banyak kita temui update-an status di jejaring sosial yang menceritakan aktivitas harian si pemilik akun dengan tujuan menarik perhatian teman-temannya untuk mengundang comment atau like.

Sayangnya kadangkala ada hal-hal yang terlalu privacy yang diunggah sehingga postingan tersebut tidak lekas panen pahala, tapi malah sebaliknya,  panen dosa. Nah, daripada hal seperti itu terjadi, ada baiknya menggunakannya dengan bijak.

Bagaimana caranya?

Agar bisa panen pahala di dunia maya, ketika update status, tak ada salahnya status itu berupa ringkasan materi yang bersumber dari buku-buku Islam. Bisa juga kita kutip dari hadist-hadist Nabi Muhammad ﷺ maupun terjemahan ayat-ayat Alqur’an. Selain itu bisa juga dengan menyebarkan kegiatan Islam semisal pengajian, tabligh akbar, komunitas Islam, dan sebagainya.

Kesimpulannya, di tengah pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi ini kita harus semakin bijak dalam memanfaatkan internet terutama media sosial. Semoga semakin pesatnya teknologi, kita bisa semakin pintar dalam memakainya untuk kegiatan yang positif dan berguna untuk orang lain.