Gunung Kidul menjadi salah satu tempat yang menyimpan beragam destinasi wisata yang sayang jika tak dikunjungi. Potensi wisata di daerah Gunung Kidul memang tak boleh dipandang sebelah mata. Letaknya yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa ini, menjadikan Gunung Kidul mempunyai keunikan dan daya pikat tersendiri. Untuk anda yang merupakan travel blogger, Gunung Kidul adalah destinasi wisata yang sangat tepat. Ada beragam pilihan wisata di Gunung Kidul yang cocok buat travel blogger.

Tempat-tempat ini menawarkan keindahan panorama alam yang begitu eksotis dan memukau. Siapa sangka, Gunung Kidul yang terkenal tandus dan sering bercuaca terik ini menyimpan pesona pariwisata yang luar biasa. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi berbagai wisata di daerah Gunung Kidul ini. Tak hanya pantai-pantai saja, melainkan juga terdapat beraneka destinasi wisata menarik lainnya.

Wisata di Gunung Kidul yang Cocok Buat Travel Blogger

Untuk anda yang mulai penasaran, anda baca saja beberapa wisata di Gunung Kidul yang cocok buat travel blogger berikut ini.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Ketika mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, anda bisa melakukan kegiatan trekking yang seru dan menyenangkan. Gunung yang memiliki ketinggian 700 mdpl ini berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Wisata ini menyimpan banyak sejarah yang perlu anda ketahui. Konon, Gunung Nglanggeran ini adalah bekas gunung api yang aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Gunung ini memiliki dua puncak, yakni puncak timur yang terkenal dengan sunrise, serta puncak barat yang populer akan fenomena sunset.

2. Gua Pindul

Gua Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Dengan mengunjungi wisata ini, anda bisa merasakan keseruan dengan menyusuri isi gua secara cave tubing. Anda bisa mengarungi aliran sungai di dalam gua bawah tanah ini dengan menaiki sebuah ban berukuran besar. Ketika anda memasuki area ini, anda bisa melihat ornamen-ornamen gua yang dihiasi dengan stalagtit yang begitu memukau.

3. Pantai Timang

Pantai Timang bisa anda temukan di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Wisata ini menawarkan wahana penyeberangan berupa gondola kayu dan jembatan tali yang hingga kini masih viral. Gondola dan jembatan ini menghubungkan Pantai Timang dengan Pulau Watu Panjang, yang adalah pulau karang di seberangnya. Untuk anda yang tertarik ingin mencoba menyeberanginya, anda harus memiliki keberanian yang tinggi karena panjang penyeberangan ini mencapai 100 meter lebih.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Perlu anda ketahui, Gunung Kidul memiliki wisata alam berupa air terjun yang begitu memukau. Kawasan pegunungan kapur ini menawarkan keindahan air terjun yang bernama Sri Gethuk. Anda bisa temukan wisata alam ini apabila datang ke Ngarai Sungai Oya yang membagi Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen. Air terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa henti di antara tebing-tebing karst. Wisata ini begitu unik karena terdapat batu-batuan berundak di bagian bawahnya.

5. Pantai Baron

Pantai Baron menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena menawarkan panorama laut yang indah. Selain itu, Pantai Baron ini juga menawarkan beraneka santapan laut yang terkenal lezat. Di pantai ini, anda bisa mencicipi lobster, bawal putih, ikan kakap, hingga tongkol. Tak hanya itu saja, Pantai Baron juga digunakan sebagai dermaga bagi para nelayan. Banyaknya perahu yang ada di tepi pantainya membuat pemandangan alam menjadi lebih eksotis.

Pulang dari Gunung Kidul, dijamin punyo stok tulisan banyak dan menarik. Selamat mencoba!