Bagi sebagian orang, menulis merupakan sesuatu yang kurang disukai,karena akan membuat jari cepat terasa letih serta membosankan.Namun ada orang yang menjadikan menulis sebagai kesenangan. Hobi yang bermanfaat. Sungguh beruntung jika mempunyai kebiasaan menulis karena ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan.

Apa saja manfaatnya? Lihat di bawah ini.

1. Kamu Akan Semakin Cerdas

Pada saat kamu menulis pasti otak kamu selalu berpikir dan selalu mencari ide agar tulisan tersebut mudah di baca.

Merangkai kata demi kata agar membentuk kalimat yang formal, itulah syarat dalam menulis, Pasti kamu sendiri akan merasakan betapa enaknya bisa menulis. Contohnya, saat membuat cerita otak kamu akan selalu aktif. Berusaha membuat cerita agar menarik. Jika tidak bagus, maka diganti agar enak dibaca.

Nah, inilah yang bisa membuat seseorang bisa jadi semakin cerdas. Karena akan selalu belajar dan mencari tahu. Dengan menulis, secara spontan kamu akan banyak membaca tulisan-tulisan, dan jika seseorang rajin membaca orang tersebut tingkatan cerdasnya akan meningkat dari sebelumnya.

Terutama dalam pemikiran ide,setiap kali menulis pasti ide akan tertuangkan ke bentuk tulisan

Selama membaca dan menulis otak kamu akan melatih dalam pemikiran, kalau bahasa tubuh namanya latihan fisik yang menyangkut dengan otot,hal inilah mengapa otak harus dilatih agar lebih cepat dalam menangkap ide-ide cemerlang.

Lalu bagaimana caranya agar otak lebih produktif ?

Caranya: melakukan analisa pada sebuah kalimat lalu membuat sebuah kesimpulan. Ini akan melatih kekuatan pikiran kamu dan pastinya akan semakin cerdas.

2. Mudah Menemukan Ide

Pada saat orang menulis diawali dengan berpikir, berusaha menemukan ide-ide terbaru. Agar ide tidak menguap alisa hilang, cobalah tulis satu persatu idenya. Apapun itu, tulis saja. Beri nomor dan buat sebanyak mungkin. Bisa jadi dari sekian puluh nomor itu, akan jadi ide yang cemerlang. Akan susah jika ide hanya dipikr dalam benak saja. Tuliskan!

Ketika itu juga otak kamu akan bermain untuk menemukan berbagai kalimat, kosakata,dan penyampaian yang benar supaya tidak sulit saat di baca. Inilah hal yang membuat kamu selalu menemukan ide-ide terbaru.

Bukan hanya itu. Apabila kamu rajin menulis ide- ide tadi, otak kamu juga akan aktif berusaha mencari solusi dari ide danpermasalahan yang kamu tulis.

3. Berbagi Pengetahuan

Menulis termasuk dalam kategori berbagi ilmu, karena dengan menulis kamu dapat memasukkan gagasan ide dan perasaan apa yang ingin diberikan kepada orang lain. Jaman dulu, orang pun berbagi pengetahuan dengan menulis melalui daun lontar dan dinding batu. Sehingga tulisan tersebut akan dapat dipelajari pada zaman generasi setelahnya.

Apabila kamu ingin berbagi ilmu ke semua orang, jadikanlah ilmu kamu sebagai hal yang positif dengan cara menuliskan sesuatu yang bermanfaat. Karena, itu akan menjadikan amal jariyah yang tidak terputus, walau penulisnya sudah meninggal. Apalagi jika pembaca mengamalkan apa yang ditulis. Maka hindarilah menulis hal-hal yang buruk, walau itu cuma menulis status.

4. Dapat Menjabarkan Masalah Dengan Baik

Misalnya sedang menulis tentang Utang. Lalu timbul pertanyaan, bagaiamana caranya berhutang? Bagaimana cara melunasinya? Akhirnya mencari tahu dengan cara survei, bertanya, atau mebaca buku. Setelah data terkumpul, lalu dibuat tulisan tentang tips, trik, tutotial, dan sejenisnya. Dari sini akhirnya bisa terlihat dengan jelas dan mudah, cara menjabarkan masalah utang dengan baik.

5. Sebagai Sumber Penghasil Uang

Beruntung sekali bagi kamu yang hobi menulis! Karena dengan karya coretan yang di tulis, maka kamu sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Menulis artikel untuk koran dan media lainnya, copywriting, mengikuti lomba cerpen dan blog, menulis skenaria film, dan yang paling utama adalah bisa menulis sebuah buku.

Mulailah dengan langkah mudah untuk menjadi penulis.